Rabu, 02 Oktober 2013

MANFAAT DAN EFEK SAMPING DARI STRES


Merasa stres dapat merasa normal , terutama selama waktu ujian . Anda mungkin melihat bahwa kadang-kadang menjadi stres -out memotivasi Anda untuk fokus pada pekerjaan Anda, namun di lain waktu , Anda merasa sangat kewalahan dan tidak bisa berkonsentrasi pada apa pun . Sementara stres mempengaruhi semua orang dengan cara yang berbeda , ada dua jenis utama stres : stres yang bermanfaat dan memotivasi - stres yang baik - dan stres yang menyebabkan kecemasan dan bahkan masalah kesehatan - stres yang buruk . Berikut lebih lanjut tentang manfaat dan efek samping dari stres dan bagaimana untuk mengetahui apakah Anda mengalami terlalu banyak stres .

Manfaat Stres

Menurut para ahli , stres adalah ledakan energi yang pada dasarnya menyarankan Anda tentang apa yang harus dilakukan . Dalam dosis kecil , stres memiliki banyak keuntungan . Misalnya , stres dapat membantu Anda memenuhi tantangan sehari-hari dan memotivasi Anda untuk mencapai tujuan Anda . Bahkan , stres dapat membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas lebih efisien . Ia bahkan bisa meningkatkan memori .

Stres juga merupakan sistem peringatan penting , menghasilkan respon fight- or-flight . Ketika otak merasakan semacam stres , mulai membanjiri tubuh dengan bahan kimia seperti epinefrin , norepinefrin dan kortisol . Hal ini menciptakan berbagai reaksi seperti peningkatan tekanan darah dan denyut jantung . Plus, indra tiba-tiba memiliki fokus seperti laser sehingga Anda dapat menghindari situasi stres fisik - seperti melompat jauh dari mobil yang bergerak - dan aman .

Selain itu, ada berbagai manfaat kesehatan dengan sedikit stres . Para peneliti percaya bahwa beberapa stres dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh . Misalnya , stres dapat meningkatkan cara kerja hati dan melindungi tubuh Anda dari infeksi . Dalam sebuah penelitian , orang yang mengalami tingkat moderat stres sebelum operasi mampu pulih lebih cepat dibandingkan orang yang memiliki tingkat rendah atau tinggi . Berikut manfaat stress yang dilansir dari Good Housekeeping :

1. Stres dan kesenangan
Tidak semua hal-hal yang menyebabkan stres itu berhubungan dengan sesuatu yang negatif. Contohnya pernikahan, banyak orang stres memikirkan persiapannya sekaligus merasakan kesenangan ketika mengalaminya.

2. Lebih sosialis
Sebuah penelitian dari Jerman pernah membuktikan kalau seseorang yang berada dalam situasi penuh tekanan - misalnya pidato di depan umum atau ujian matematika - memiliki perilaku yang lebih sosialis. Mereka juga cenderung lebih percaya pada orang lain dan mau berbagi.

3. Meningkatkan memori
Saat stres, hormon cortisol meningkat dan sifatnya mirip seperti sakelar lampu dalam otak. Sehingga stres membuat seseorang mampu berpikir lebih jernih. Selain itu, kemampuan ingatan juga semakin membaik saat seseorang stres.

4. Menciptakan kreativitas
Beberapa orang mampu memaksimalkan sisi kreatif dalam dirinya jika berada dalam situasi yang benar-benar penuh tekanan dan membuatnya stres.

5. Lebih waspada
Stres bisa disebut sebagai reaksi tubuh terhadap bahaya atau perubahan yang tidak pasti. Sehingga dalam jangka pendek, stres bisa membuat seseorang menjadi lebih waspada dan sadar ketika menjalani sesuatu.

6. Meningkatkan sistem imun
Sedikit stres pun memberi dampak yang luar biasa pada sistem imun. Sebab stres mampu merangsang tubuh meningkatkan pertahanan dan memaksimalkan kinerja sistem imun.

7. Cepat sembuh
Penelitian lain pernah membuktikan kalau sedikit stres dalam jangka pendek mampu membuat pasien yang baru dioperasi cepat sembuh dari kondisinya.

Itulah beberapa manfaat sedikit stres bagi kebiasaan. Namun sebaiknya segera atasi stres itu agar sifatnya tidak berubah jadi berbahaya pada tubuh.

Efek Samping Stres

Stres adalah kunci untuk kelangsungan hidup , tapi terlalu banyak stres dapat merusak. Stres emosional yang tetap sekitar untuk minggu atau bulan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan tekanan darah tinggi , kelelahan, depresi , kecemasan dan bahkan penyakit jantung . Secara khusus , terlalu banyak epinefrin bisa berbahaya bagi jantung Anda . Hal ini dapat mengubah arteri dan bagaimana sel mereka mampu melakukan regenerasi .

Sinyal Terlalu Banyak Stres

Ini mungkin sulit untuk mengetahui apakah Anda sedang mengalami stres baik atau buruk , tetapi ada cara penting bahwa tubuh Anda memungkinkan Anda tahu bahwa Anda sedang berjuang dengan terlalu banyak stres . Watch out untuk tanda-tanda peringatan berikut :

• Ketidakmampuan untuk berkonsentrasi atau menyelesaikan tugas
• Dapatkan lebih sering sakit dengan pilek
• Nyeri tubuh
• Penyakit lain seperti penyakit autoimun menyala
• Sakit kepala
• Iritabilitas
• Kesulitan jatuh tidur atau tetap terjaga
• Perubahan nafsu makan
• Lebih marah atau cemas dari biasanya

Apa yang Bisa Anda Lakukan ?

Stres merupakan bagian tak terhindarkan dari kehidupan , tetapi Anda dapat meningkatkan cara Anda merespon stres dan menghindari atau mengubah beberapa situasi yang membuat stres negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar