Jumat, 27 September 2013

PERANGKAT PENYIMPANAN PADA KOMPUTER

Perangkat Penyimpanan ( Storage Devices )
                Perangkat penyimpanan ( storage devices ) berfungsi untuk menyimpan data yang telah dimasukkan dan juga menyimpan hasil pemrosesan kerja CPU. Peralatan penyimpanan ini dibagi menjadi dua yaitu memori internal ( primary storage ) dan memory eksternal ( secondary storage ).
a.       Memory Internal (Primary Storage )
Merupakan memori yang ada di dalam CPU yang terdiri dari ROM ( Read Only Memory ) dan RAM ( Random Acces Memory).
1). ROM ( Read Only Memory )
      Merupakan me,mory yang bersifat permanen, yang dapat dibaca tetapi tidak dapat di perbarui. ROM berfungsi untuk menyimpan program operasi computer seperti program BIOS dan program booting.
2). RAM ( Random Acces Memory )
      Merupakan memori yang bersifat sementara, yang mana  jika computer mati, maka data atau program yang tersimpan akan hilang. Memori ini membaca, menulis, serta menyimpan data dan program.
Jenis RAM yang beredar dipasaran : EDORAM ( Extended Data-Out Dynamic Random Acces Memory ),SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory ),DDR SDRAM (DDR Synchronous Dynamic Random Acces Memory) , RDRAM (Rambus Dynamic RAM ), SRAM ( Static RAM ).


b.      Memory Eksternal ( Secondary Storage )
Memori eksterna merupakan media penyimpan data atau program-program yang bersifat tetap.
Contohnya : harddisk, floppy disk, flashdisk, CD ROM, dan lain sebagainya.

1)      Harddisk
Merupakan media yang digunakan sebagai alat booting dan penyimpan data. Harddisk dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu, IDE ( Intergrated Device Electronics ) dan SCSI ( Small Computer System Interface ). Kedua jenis harddisk tersebut dapat dibedakan dari jumlah pin data yang ada. IDE mempunyai 40 pin sedangkan jenis SCSI mempunyai 50 pin.
Kecepatan Harddisk IDE yang ada saat ini antara lain:
a)      3600 rpm yang biasa disebut dengan ATA 66,
b)      5400 rpm yang biasa disebut dengan ATA 100,
c)       7200 rpm yang biasa disebut dengan ATA 133.
Kapasitas penyimpanan harddisk yang ada saat ini meliputi : 10 MB, 20 MB, 40 MB, 80 MB, 100 MB, 120 MB, 210 MB, 300 MB, 450 MB, 540 MB, 650 MB, 850 MB, 1 GB, 1.2 GB, 5.1 GB, 6.4 GB, 7.4 GB, 10 GB, 15 GB, 20 GB, 30 GB, 40 GB, 100 GB, bahkan sampai diatas 200 GB.
2)      CD ROM
Merupakan media penyimpanan dalam bentuk kepingan cakram. Median penyimpan ini harus menggunakan CDRW drive. Kemampuan CD bias mencapai 700 MB, setara dengan floppy disk sebanyak 486 buah.
3)      Floppy Disk
Floppy Disk biasa disebut dengan disket, merupakan media penyimpan data juga, namun dengan kapasitas yang relative kecil. Kemampuan menyimpan dari disket yang sering dipakai sekarang sekitar 1,44 MB. Untuk menggunakannya diperlukan floppy disk drive. Disket dan Floppy Disk Drive terdiri dari beberapa tipe.
4)      Flashdisk
Merupakan alat untuk menyimpan data eksternal yangf menggunakan penghubung USB. Kemampuan menyimpan data mulai dari 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, dan sekarang sudah mencapai kapasitas lebih dari 1 GB.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar